Gambar Lukis

gambar, lukis, nulis, foto ..

Barli : pelukis 3 jaman yang jago menggambar

leave a comment »

Barli Sasmitawinata dilahirkan sebagai pelukis yang menyandang karakter jamannya sekaligus berperan besar sebagai guru generasi pelukis muda. Pelukis 3 jaman ini mengisi hidupnya yang penuh vitalitas dengan berkesenian. Sejak muda, ia haus akan ilmu dan bercita-cita sebagai pelukis. Pameran pertama kali tahun 1936 di Pekan Raya, Surabaya. Pernah belajar pada pelukis Belanda, Jos Pluimentz dan pelukis Italia, Luigi Nobili. Ia aktif berkarya semasa puncak revolusi fisik yang sarat tema perjuangan. Setelah menjadi seniman, Barli mendapat kesempatan belajar ke luar negeri ( tahun 1950 ). Paris dan Amsterdam menjadi bekal akademis Barli.

Sekembalinya ke tanah air tahun 1957, Barli mengajar di Jurusan Seni Rupa ITB yang waktu itu masih bagian dari Fakultas Teknik UI, Jakarta, yang berkedudukan di Bandung. Barli mengajar mata kuliah “ Menggambar Model/ Bentuk.” Menggambar baginya bermakna latihan ketrampilan tinggi dalam memindahkan bentuk alam yang dilihat kepada bentuk yang digambarkan dengan menanamkan penghayatan lebih dalam tentang proses mengekspresikan diri. Pengertian yang dalam sekali. Pengertian sederhana yang benar dalam belajar seni rupa.

Barli membina pendidikan seni rupa “Rangga Gempol” untuk semua lapisan masyarakat dan semua kelompok umur. Saya sempat belajar darinya selama setahun pada tahun 1989. Sejatinya, kegiatan ini dimulai sejak tahun 1958 dan sepeninggalnya, dilanjutkan putra sulungnya, Agung, di Kota Baru Parahyangan. Banyak seniman yang menonjol dari Bandung, hasil asuhannya. Kebahagiaan terbesar dalam hidupnya adalah melihat anak didik tumbuh dan mengepakkan sayap sesuai impian.

Wajah2 lukisannya memantulkan pengalaman luas, kearifan, keselarasan isi dan kepiawaian teknik. Barangkali ini yang ingin diwariskan seorang seniman, guru, bapak, manusia bertakwa ini pada kita semua. Selamat jalan, pak Barli.

 

Written by Nanin

24/11/2009 pada 14:35

Ditulis dalam Pelukis

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: