Gambar Lukis

gambar, lukis, nulis, foto ..

Umi Dachlan : pelukis penuh renung yang menawan.

leave a comment »

Umi Dachlan, pelukis wanita yang menarik untuk disimak. Bekerja gigih dan konsisten dalam dunia seni lukis selama lebih 30 tahun. Mulai dari masa remaja kemahasiswaan, menjadi pengajar muda di akademik, semakin intensif memasuki periode pelukis yang matang, menyusul karya masa kininya yang berdialog dengan kehidupan. Kehidupan dan berkesenian, menyatu.

Umi, pribadi yang ceria, mandiri, hangat, walau sering tajam. Berada di lingkungan berkesenian dan seniman berkualitas tinggi, Umi terpacu berkarya di atas rata2. Ditarik ke 2 arah ; antara menemukan diri yang khas atau hanyut ke dalam mahzab lingkungan yang kuat. Karya2 selanjutnya semakin mantap, tenang dan menyatu.

Menurut A.D. Pirous, dalam melukis, Umi cenderung berungkap dengan bahasa visual abstrak – kontemplatif. Ia sangat tekun dan terbawa ke dalam bidang2 warna, bentuk, garis, masuk ke dunia kasat mata yang akrab, penuh renung, khusyu’, ceria atau sendu. Memperlihatkan bentuk2 yang menyeret pengalaman lain di bawah permukaannya. Unsur suprising yang menawan. Umi mampu memberikan rasa damai, semangat spiritual bernuansa meditatif, religius dan Islami. Beberapa lukisan Umi diperkaya untaian ayat suci Al-Qur’an.

Perkembangan berikutnya, lukisan Umi menjadi lebih berwarna dalam tema, teknik, estetika maupun ekspresinya. Ia lihai menempatkan tekstur di atas ketrampilan dan garapan teknis semata. Pandai mengolah bentuk kepeng menjadi unsur artistik lukisan bersuasana antikuitas yang marem, tanpa menyeretnya menjadi lukisan bernuansa Bali.

Perjalanan pameran Umi secara pribadi maupun kelompok seniman Bandung, ke luar negeri memperluas visi Umi dalam berkesenian. Ia pernah muncul dengan 5 adegan pertarungan banteng dan matador dengan komposisi beragam. Terlihat pendaman emosi yang terkoyak. Keberangan kian tampak dalam ukuran lukisan yang makin besar. Apa Umi sedang menggambarkan hidupnya, atau masyarakat Indonesia yang dilanda gejolak ?

Pelukis Umi mencurahkan hampir seluruh hidupnya untuk berungkap seni, nyaris sendiri, nyaris tak ada waktu untuk berbalik atau berbelok. Ia adalah berkesenian itu sendiri. Produktif dan kreatif. Pameran tunggalnya ( 19/9/1999 ) menampilkan 35 lukisan yang menyenangkan mata, sekaligus mengharukan hati.

Written by Nanin

11/12/2009 pada 14:44

Ditulis dalam Pelukis

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: