Gambar Lukis

gambar, lukis, nulis, foto ..

Klastic : komunitas fotografi yang kreatif dengan tustel plastik.

leave a comment »

Gedung LB. Antara, Jl. Braga, Bandung, hasil karya anggota Klastic. Tak kalah dengan dengan pengguna kamera canggih.

Klastic : singkatan dari Kaskus Plastic & Toy Camera Community. Berdiri 7 Desember 2008. Digagas orang2 yang intens berkomunikasi di situs Kaskus. Mengkristal menjadi komunitas penggemar fotografi. Regional Klastic Bandung, diketuai Donny Pandega ( hp : 08561072247 ), wakilnya Razky ( hp : 085710059649 ). Sekretariatnya di Jl. Kubang Selatan V no.3 Bandung. Jumlah anggota yang tercatat 100 orang lebih, yang aktif 40 orang. Mereka bertemu di Taman Ganesha Bandung 2 bulan sekali. Kegiatannya : hunting foto, kumpul2, ikut pameran, sharing fotografi di internet. Ke depan, Klastic ingin mengadakan pameran foto bersama, yang memajang foto2 karya anggota dan membahasnya, sehingga pembuat karya dapat menakar karyanya masing2. Klastic juga ingin memperluas jejaring dengan organisasi serupa, melebihi hubungan biasa yang terjalin selama ini.

Anggota Klastic ; 70 % adalah mahasiswa, sisanya karyawan dan pelajar yang berusia 16-40 tahunan, laki dan perempuan. Klastic juga terdapat di Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Lampung, Padang, Kalimantan dan Banjarmasin. Keunikan komunitas ini dalam berkarya hanya menggunakan kamera berbahan dasar plastik ( tustel ). Kamera dengan sistem operasional sederhana ; memakai film, baterai dan cuci cetak foto. Yang penting di Klastic adalah bagaimana orang menggunakan kamera standar ini menjadi karya berkualitas. Benar2 menggali kreativitas. Eksperimental. Kekurangan harus menjadi kelebihan. Meski kamera yang digunakan adalah tustel biasa, bahkan mainan, anggota Klastic tidak pernah minder. Mereka terbiasa ikut hunting bersama pemotret2 lain dari komunitas kamera canggih. Anggota Klastic selalu percaya diri mengikuti lomba secara terbuka. Bahkan memenangi ajang lomba foto yang diikuti peserta kamera canggih, seperti anggota Klastic dari Yogyakarta.

Here they are, ladies & gentlemen... members of Klastic in their first hunting. Cute, isn't ?

Klastic punya tradisi kritik karya di dunia maya. Anggota mengirim hasil jepretannya ke pengelola web, lalu dipublikasikan ke anggota komunitas. Pemotret memaparkan karyanya dalam tulisan, jenis kamera yang digunakan, lokasi dan waktu pemotretan, judul, proses cuci cetak film, sampai menjadi karya. Dari paparan ini publik menjadi proses2 yang dilakukan dan belajar dari pengalaman orang lain. Bagi anggota Klastic, kecacatan kamera no problem, asal masih bisa dioperasikan dan digunakan. Kalau pun tidak, hampir semua anggota Klastic Regional Bandung tahu tempat2 reparasi kamera yang andal. Di Jalan ABC, Bandung, berjejer dokter2 kamera manual ( tustel ) yang dapat menyembuhkan segala masalah handset kamera. Anda pun bisa mencoba segala jenis kamera dan pernak perniknya, termasuk lensa. Hanya, pandai2-lah memilih dokter reparasi kamera yang andal. Atau anda bergabung ke Klastic untuk tahu jurus2-nya. Di komunitas ini, anda bisa belajar mencuci cetak foto dengan air deterjen, kopi, teh atau bir. Menggores film atau menyelotip kamera untuk memberi efek karakter pada foto. Mini dengan hasil maksi.

Tidak ada istilah kamera rusak. Untuk cuci cetak dan peralatan, anggota Klastic mempercayakan pada studio foto di Jl.Wastukancana, Bandung, di mana semua eksperimen gila mereka diolah menjadi foto. Sharing pengalaman antara pemotret yang memproses fotonya di situ dan pengelola studio acap kali terjadi. Ada pula, anggota Klastic yang kerap ke luar negeri untuk membawa segala kebutuhan fotografi ; kamera, film dan piranti lainnya. Ada beberapa jenis kamera yang filmnya terbilang langka dijual di Indonesia, sehingga perlu berbagi informasi di internet. Di even “Braga Festival” tahun 2009 kemarin, Eriyanti bertemu komunitas Klastic yang berpameran di Gedung YPK, Jl. Naripan. Anda akan terkagum-kagum melihat film hitam putih dan warna yang mereka tampilkan dengan karakter berbeda. Foto berbicara dan merebut perhatian pengunjung.

Iklan

Written by Nanin

05/01/2010 pada 15:52

Ditulis dalam komunitas

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: