Gambar Lukis

gambar, lukis, nulis, foto ..

Human and Architecture , menggandeng 5 komunitas foto. Kreatif !

leave a comment »

Suasana pameran foto yang unik. Ada tema ruang tamu, tengah, kamar tidur, dsb. Anggap saja rumah sendiri. Please help your self..

Arsitektur tak melulu berurusan dengan desain rumah atau yang berhubungan dengan bangunan. Hal tersebut ditunjukkan “Arsitektur Foto”, komunitas foto dari jurusan arsitektur Universitas Parahyangan ( Unpar ) melalui pameran foto yang bertajuk, “Human and Architecture”, yang memperlihatkan hubungan antara manusia dan arsitektur atau lingkungan tempat mereka berada. Kegiatan y ang merupakan rangkaian acara “Parahyangan Achitecture Parade 2010” itu, juga merupakan bagian dari “Bandung 200th Years Photo Fest” menyambut HUT ke-200 Kota Bandung.

Sebanyak 52 foto hasil kurasi sekitar 200 foto yang masuk, diperlihatkan kepada khalayak pada 14-20  April 2010 di Galeri Kita, dan 21-24  April 2010 di Wind Tunnel Unpar. Tak seperti pameran foto pada umumnya, mahasiswa yang hobi fotografi tsb mengajak 5 komunitas kreatif fotografi lainnya untuk turut berpameran. Sebuah kolaborasi yang cukup positif di mana komunitas yang terlibat di antaranya Komunitas Lubang Jarum Indonesia ( KLJI ), “Pocopoco”, “Brigadepoto#”, “Klastic” dan “Orders x tidakkuliah”.

Menurut Ketua Arsitektur Foto Anhariza, kolaborasi dengan komunitas lainnya tsb agar masyarakat bisa melihat arsitektur dari sudut pandang yang berbeda. Hal itu terlihat dari style yang berbeda di antara komunitas yang terlibat. “Brigadepoto#” dan “Orders x tidakkuliah” yang kuat akan photo story dan konsep seni fotografi, 3 komunitas lainnya kuat dari sisi medianya. Pocopoco para pemotret handphone, Klastic para pemakai kamera plastik, dan para pemotret lubang jarum yang menggunakan kamera bikinan sendiri.

Hasil akhir pun mereka rencanakan dalam sebuah konsep instalasi di mana setiap ruangan diibaratkan kamar dalam rumah. Seperti tema ruang depan, diisi meja dan kursi selain foto yang tertempel di dinding. Tema keluarga melalui kursi goyang, hingga tema kamar tidur yang sengaja digeletakkan kasur dan perlengkapan di kamar tidur di ruang pamer fotonya. Kehadiran kolaborasi komunitas kreatif di bidang fotografi ini setidaknya semakin mengukuhkan Kota Bandung sebagai kota kreatif. ( Dudi Sugandi, PR, 18/4/2010 ).

Written by Nanin

12/05/2010 pada 13:34

Ditulis dalam fotografi

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: